Balikpapan, Kalimantan Timur
(0542) 8530801
perpustakaan@itk.ac.id

Profil

Perpustakaan Khazanah Sains dan Teknologi

Sejarah & Perkembangan Perpustakaan

Berawal dari ruang baca ...

Kampus ITK di Karang Joang Balikpapan mulai beroperasi pada bulan Juli 2015. Dengan segala keterbatasan pada saat itu, ITK berupaya menyediakan berbagai fasilitas untuk mahasiswa. Salah satu ruangan di Gedung A, yaitu Ruang 103 difungsikan sebagai ruang baca. Dengan berbagai koleksi buku, terutama di bidang ilmu teknik, keberadaan ruang baca sangat membantu mahasiswa yang ingin memperoleh literatur sebagai bahan belajar selama kuliah. Pengelolaan ruang baca saat itu dipimpin oleh Ibu Retno Wahyu Dewanti, S.Si., M.Si. Pada tahun 2016, ruang baca mulai bertransformasi menjadi perpustakaan sederhana dengan bergabungnya pak Didik Kiswoyo sebagai pustakawan.

Perluasan ruangan ...

Pada tahun 2017 dilakukan perluasan ruangan menjadi 2 kali lipat untuk mengimbangi jumlah mahasiswa yang bertambah banyak. Pada tahun tersebut, Perpustakaan ITK mendapatkan bantuan beberapa fasilitas dari Bank Indonesia (BI) Balikpapan. Pada tahun itu juga, posisi Ibu Retno selaku Kepala UPT Perpustakaan digantikan oleh Ibu Winarni, S.Si., M.Si.

E-journal, e-book, repository, dan digitalisasi ...

Pada tahun 2019, posisi Kepala UPT Perpustakaan dijabat oleh Bpk. Ashadi Sasongko, S.Si., M.Si. Penyediaan fasilitas e-journal maupun e-book telah dapat dipenuhi. Pada tahun tersebut juga dilakukan integrasi repository tugas akhir ITK dengan RAMA (repository nasional untuk skripsi, tesis, disertasi, dll.), dan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Perpustakaan ITK dengan Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI) – LIPI. Tahun 2020, digitalisasi perpustakaan ditargetkan selesai.

100%