Profil UPT Perpustakaan ITK

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan salah satu sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung kegiatan civitas akademik suatu perguruan tinggi. Pada buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 5 tahun 1980 tentang pokok-pokok organisasi universitas atau institute disebutkan bahwa perpustakaan perguruan tinggi termasuk kedalam unit pelayanan teknis (UPT), yaitu sarana penunjang teknis yang merupakan perangkat kelengkapan universitas atau institute dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai kegiatan penunjang Tri Dharma perguruan tinggi perpustakaan mempunyai beberapa fungsi diantaranya fungsi edukasi, sumber informasi, riset, rekreasi, publikasi.

UPT Perpustakaan ITK merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknik (UPT) yang memiliki tugas sebagi pusat sumber belajar dan penyedia informasi ilmiah bagi seluruh civitas akademika dan Mahasiswa di lingkungan ITK. UPT Perpustakaan secara struktural berada di bawah wakil rektor bidang 1 (akademik) dalam rangka menunjang kegiatan pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat di lingkungan ITK.

Visi UPT Perpustakaan

“Menjadi mitra civitas akademika ITK dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk pengelolaan koleksi pustaka dan informasi yang berbasis teknologi informasi”. 

 

Misi UPT Perpustakaan

  1. Menyediakan bahan pustaka mutakhir dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya dan seni.
  2. Mengembangkan potensi sumber daya manusia dalam rangka melayani permintaan civitas akademika yang ilmiah dan edukatif.
  3. Menyediakan sistem informasi manajeman (SIM) perpustakaan yang terintegrasi.